Dipimpin Situmorang, 137 Personil Polres Minahasa Bersih-bersih Danau Tondano


Tondano, ME

Gerak nyata diperagakan Kepolisian Resor (Polres) Minahasa. 137 anggotanya diterjunkan dalam pengangkatan eceng gondok yang diprogramkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa bertajuk Lumeos in Lour Tondano, Jumat (10/01).

”Jumlah anggota yang kita terjunkan dalam kegiatan ini ada 137 personil. Terdiri dari personil Polres serta Polsek dan masing-masing polsek wajib terlibat dan bertanggung jawab bagi tugas yang ditentukan,” kata Kapolres Minahasa AKBP Denny I Situmorang SIK, yang terlibat langsung dalam pengangkatan eceng gondok.

Dijelaskannya, keterlibatan Polri dalam pengangkatan eceng gondok ini di samping menjadi program Pemerintah Kabupaten Minahasa namun keberadaan Danau Tondano adalah aset bersama yang harus dilestarikan bersama.

“Di samping jadi program pemerintah, Danau Tondano adalah aset bersama jadi kami pihak polres tentu mendukung akan program ini dengan seluruh sumber daya yang ada pada kami,” tandasnya.

”Memang kesulitan di lapangan ada, apalagi keterbatasan sarana prasarana yang memang ternyata belum menjangkau akan perkembangan eceng gondok yang ada di perairan danau ini. Namun bukan kendala bagi kita. Dari apa yang kita lakukan hari ini, akan menjadi langkah awal bagi kita dan artinya kita bisa menginfentarisir kelemahannya, kendalanya untuk kegiatan ke depan,” lanjut Kapolres sembari berharap ke depan akan ada penambahan alat penunjang pembersihan ini.

“Kita memang berharap akan ada penambahan alat berat untuk menarik tanaman ini dari danau serta truk pengangkut eceng gondok yang sudah dipinggirkan namun kita berusaha secara maksimal dulu meskipun secara manual,” pungkasnya.

Dalam program pembersihan danau ini, Kapolres Situmorang menyempatan diri mengelilingi sepanjang Danau Tondano dan titik pembersihan yang terbagi di tujuh lokasi. (Kelly Korengkeng)